Penelusuran Literatur Menggunakan Basis Data
Pengertain basis data adalah sama dengan perpustakaan computer elektronik yaitu informasi mengenai buku-buku, artikel majalah, artikel surat kabar, laporan penelitian, standar, paten dan informasi yang disimpan didalam computer.
Komponen dasar basis data:
1. Sitasi bibliografi yang terdiri dari judul, pengarang, jenis terbitan, tanggal dan sumbernya.
2. Isi pokok berupa abstrak, ringkasan, teks lengkap, atau fakta.
3. Kata kunci descriptor.
Sitasi adalah Menunjukkan asal-usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan, atau menyalin/mengulang pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap mengindikasikan bahwa kutipan tersebut itu adalah pernyataan orang lain.
Jenis basis Data :
1. Basis data referensi
a. Basis data bibliografi
b. Basis data referal
2. Basis data sumber
a. Basis data numeric
b. Basis data tekstual numeric
c. Basis data sifat-sifat yang memuat kamus atau buku pegangan, khusunya kimia, fisika, dan biomedik
d. Basis data teks lengkap memuat teks lengkap dari dokumen aslinya.
e. Basis data grafik dalam format grafik
f. Basis data geografi
Alasan menggunakan basis data :
1. Dapat menelusur dan melokasi informasi dalam waktu singkat dan informasi yang dimuat banyak sekali.
2. Lebih mudah digunakan untuk penelusuran dibandingkan jika menggunakan terbitan tercetak.
3. Dapat memperoleh informasi terbaru.
4. Selalu bertamabah karena selalu diperbaharui.
5. Lebih fleksibel
6. Dapat memberi jawaban yang akurat dan segera
7. Informasinya sangat banyak
8. Bisa diakses dari setiap tempat
9. Basis data khusus tersedia untuk setiap cabang dan setiap bidang keahlian dan ilmu pengetahuan.
Pangkalan data yang terdapat di dalam negeri
1. PDII- LIPI
2. Pusat komunikasi hasil pertanian badan penelitian dan pengembangan departemen pertanian
3. Pusdata departemen perindustrian dan perdagangan
4. Pusat pembinaan hokum nasional
5. Pusat sumber daya multi media
Konsep untuk membuat basis data perpustakaan ialah pustakawan bertindak sebagai administrator yang mengatur segala kegiatan di dalam perpustakaan. Admin diharuskan login terlebih dahulu, hal ini untuk mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan hal yang tidak diharapkan. Setelah itu, admin masuk ke dalam halaman utama yang yang memiliki button Data Buku, Data Anggota, Peminjaman, Pengembalian, dan Pengaturan. Setelah button di-klik, program akan membuka layar sesuai dengan yang dipilih oleh admin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar