Kamis, 09 Mei 2013

RINGKASAN PENELUSURAN LITERATUR MODUL 4


Penelusuran Literatur Menggunakan Basis Data



 



Pengertain basis data adalah sama dengan perpustakaan computer elektronik yaitu informasi mengenai buku-buku, artikel majalah, artikel surat kabar, laporan penelitian, standar, paten dan informasi yang disimpan didalam computer.



Komponen dasar basis data:



1.      Sitasi bibliografi yang terdiri dari judul, pengarang, jenis terbitan, tanggal dan sumbernya.



2.      Isi pokok berupa abstrak, ringkasan, teks lengkap, atau fakta.



3.      Kata kunci descriptor.



Sitasi adalah Menunjukkan asal-usul atau sumber suatu kutipan, mengutip pernyataan, atau menyalin/mengulang pernyataan seseorang dan mencantumkannya di dalam suatu karya tulis yang dibuat, namun tetap mengindikasikan bahwa kutipan tersebut itu adalah pernyataan orang lain.



Jenis basis Data :



1.      Basis data referensi



a.       Basis data bibliografi



b.      Basis data referal



2.      Basis data sumber



a.       Basis data numeric



b.      Basis data tekstual numeric



c.       Basis data sifat-sifat yang memuat kamus atau buku pegangan, khusunya kimia, fisika, dan biomedik



d.      Basis data teks lengkap memuat teks lengkap dari dokumen aslinya.



e.       Basis data grafik dalam format grafik



f.       Basis data geografi



Alasan menggunakan basis data :



1.      Dapat menelusur dan melokasi informasi dalam waktu singkat dan informasi yang dimuat banyak sekali.



2.      Lebih mudah digunakan untuk penelusuran dibandingkan jika menggunakan terbitan tercetak.



3.      Dapat memperoleh informasi terbaru.



4.      Selalu bertamabah karena selalu diperbaharui.



5.      Lebih fleksibel



6.      Dapat memberi jawaban yang akurat dan segera



7.      Informasinya sangat banyak



8.      Bisa diakses dari setiap tempat



9.      Basis data khusus tersedia untuk setiap cabang dan setiap bidang keahlian dan ilmu pengetahuan.



 



 



Pangkalan data yang terdapat di dalam negeri



1.      PDII- LIPI



2.      Pusat komunikasi hasil pertanian badan penelitian dan pengembangan departemen pertanian



3.      Pusdata departemen perindustrian dan perdagangan



4.      Pusat pembinaan hokum nasional



5.      Pusat sumber daya multi media




Konsep untuk membuat basis data perpustakaan ialah pustakawan bertindak sebagai administrator yang mengatur segala kegiatan di dalam perpustakaan. Admin diharuskan login terlebih dahulu, hal ini untuk mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan hal yang tidak diharapkan. Setelah itu, admin masuk ke dalam halaman utama yang yang memiliki button Data Buku, Data Anggota, Peminjaman, Pengembalian, dan Pengaturan. Setelah button di-klik, program akan membuka layar sesuai dengan yang dipilih oleh admin.

Pada halaman Data Buku, akan terdapat 3 form, yakni Tambah, Edit, Lihat dan Hapus. Pada form Tambah, akan berisi kode buku (yang akan menambah secara otomatis), judul buku, nama pengarang, nama penerbit, kota terbit, edisi (khusus buku yang dicetak dalam beberapa edisi), tahun terbit, jenis buku, sumber (bisa dari pembelian maupun sumbangan), dan rak (berisi lokasi buku disimpan) yang harus diisi, serta di bawah layar akan terdapat button Simpan (untuk menyimpan data yang telah dimasukkan), Batal (untuk membatalkan data yang dimasukkan, secara otomatis akan langsung reset), Lagi (untuk memasukkan lagi data yang baru), dan Selesai (kembali ke halaman sebelumnya). Pada form Edit, Lihat, dan Hapus pun tak jauh berbeda. Hanya saja form Edit ditujukan untuk mengedit data yang telah disimpan, pada form Lihat diperuntukkan untuk melihat data yang telah disimpan, dan form Hapus untuk menghapus data yang telah disimpan.



Pada halaman Data Anggota, terdapat form yang sama dengan pada Data Buku, hanya saja pada tiap form berisi kode siswa, nama siswa, tingkat, jurusan, kelas, alamat, dan nomor telepon (untuk siswa); kode guru, nama guru, bid. studi, alamat, dan nomor telepon (untuk guru).



Pada halaman Peminjaman akan terdapat waktu pada saat itu (hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam) dan form peminjaman yang berisi kode buku dan anggota yang akan secara otomatis menampilkan judul buku dan nama anggota yang telah ada dalam database.



Pada halaman Pengembalian akan terdapat waktu pada saat itu (hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam) dan form pengembalian yang berisi kode buku dan anggota yang akan secara



otomatis menampilkan judul buku dan nama anggota yang telah ada dalam database, kemudian tanggal peminjaman, tanggal pengembalian, dan denda yang dihitung berdasarkan hari keterlambatan dan jumlah buku yang dipinjam.




Anda sedang membaca artikel tentang RINGKASAN PENELUSURAN LITERATUR MODUL 4 dan anda bisa menemukan artikel RINGKASAN PENELUSURAN LITERATUR MODUL 4 ini dengan url http://sanurarum.blogspot.com/2013/05/ringkasan-penelusuran-literatur-modul-4_9.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel RINGKASAN PENELUSURAN LITERATUR MODUL 4 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link RINGKASAN PENELUSURAN LITERATUR MODUL 4 sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar